Minggu, 17 Maret 2013

BMKG

BMKG himbau warga waspadai isu cuaca buruk

TG. PINANG (KP) : Isu seputar cuaca buruk yang kini sedang beredar di Tanjungpinang membuat Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang menghimbau kepada warga setempat untuk tidak terlalu percaya, sebelum klarifikasi ke BMKG Tanjungpinang.

"Agar warga Tanjungpinang tidak mudah percaya kepada isu tentang cuaca buruk yang kini sedang beredar di kalangan masyarakat, karena jika tanpa klarifikasi BMKG, dikhawatirkan bisa berdampak lebih buruk daripada kejadian isu tersebut," kata Kepala BMKG Tanjungpinang, Hartanto, Rabu (13/3).

Menurutnya, jika ada isu tentang cuaca buruk, hanya BMKG lah yang memiliki wewenang untuk memberikan keterangan mengenai prakiraan cuaca.

"Tidak ada informasi yang beredar di masyarakat yang dapat dipercaya tentang cuaca buruk kecuali dari BMKG," ujarnya.

Hal ini dikarenakan, BMKG memiliki wewenang yang sudah di akui pemerintah Indonesia untuk memberikan keterangan data yang valid tentang ramalan cuaca dan prakiraan lain yang dapat dipercaya selain dari lembaga tersebut.

Bukan berarti informasi cuaca yang beredar tersebut keliru, sambung Hartanto, hanya saja akan lebih baik apabila masyarakat di Tanjungpinang ini  tetap mempercayai segala hal yang berkaitan dengan prakiraan cuaca berdasarkan informasi resmi yang diberikan melalu pihak lembaga BMKG.

"kita hanya berharap masyarakat dapat mengklarifikasi ke BMKG apabila mendapat isu tentang cuaca buruk yang tidak jelas terjadinya," imbuhnya pada KP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar